Sistem Administrasi Perkantoran Berbasis Digital

Administrasi perkantoran merupakan bagian dari tata pengelolaan surat yang ada pada kantor atau perusahaan. Di era digital menjadikan semua aspek haru berubah mengikuti perkembangan. Kemajuan teknologi yang tidak diikutsertakan dengan perkembangan aspek pendukung menjadikan urusan di beberapa aspek menjadi terhambat. Pengembangan aspek pendukung menjadikan manusia mudah dalam melakukan banyak hal dan menghemat tenaga serta biaya.

Teknologi di era digital terus berkembang dan terus maju, dalam menghadapi kemajuan teknologi manusia juga harus mengikuti perkembangan dan mampu beradaptasi dengan baik. Perkembangan teknologi yang ada harus dibarengi dengan ilmu yang ada, agar menghasilkan teknologi yang berguna bagi semua aspek dan bidang. 

Pentingnya penggunaan aplikasi administrasi perkantoran

Di era digital ini yang semua dilakukan melalui internet menjadikan perkembangan teknologi semakin maju dan canggih. Segala bidang menggunakan kecanggihan teknologi dalam membantu pekerjaan, termasuk dalam penggunaan internet juga berpengaruh besar dalam kehidupan manusia. Penggunaan teknologi yang canggih juga diterapkan di perusahaan dan instansi pemerintah maupun swasta. Teknologi yang digunakan menerapkan prinsip-prinsip yang ada pada perkantoran dan instansi, sehingga teknologi yang diterapkan mampu mengatasi penanganan surat masuk dan keluar.

Dengan demikian penerapan teknologi dalam bidang perusahaan dilakukan dengan penggunaan aplikasi administrasi perkantoran. Aplikasi persuratan ini menjadikan urusan administrasi menjadi lebih mudah dan meringankan pekerjaan. Pentingnya urusan administrasi perkantoran dilakukan untuk menjadikan sekretaris atau staf administrasi mudah dalam mengurus pengarsipan surat. Penggunaan aplikasi surat menyurat harus dan wajib digunakan karena memiliki manfaat dan berpengaruh besar pada perusahaan. Pada aplikasi administrasi perkantoran menjadikan surat digital mudah ditangani dan dikerjakan, sehingga mengurangi potensi kehilangan surat maupun potensi surat rusak dan tidak tercatat.

Manfaat aplikasi administrasi perkantoran dalam pengarsipan surat

Saat ini hampir semua perusahaan menggunakan surat digital dalam urusan persuratan perkantoran mereka. Pengarsipan surat dan Pencatatan surat perusahaan dilakukan oleh staf ahli di bidangnya seperti bagian front office atau resepsionis. Resepsionis dan sekretaris pada perusahaan memiliki tugas dalam melakukan pencatatan surat yang diterima dan melakukan penanganan surat masuk dan keluar. Dalam melakukan pengarsipan surat dan pencatatan surat resepsionis menggunakan cara manual dengan menginput satu persatu dan mengkategorikan berdasarkan jenisnya secara konvensional. Penginputan surat yang dilakukan secara konvensional dan tanpa aplikasi menimbulkan banyak permasalahan jika tidak dilakukan dengan teliti dan baik. Maka dalam urusan administrasi perkantoran penggunaan dan penerapan aplikasi surat menyurat sangat dibutuhkan dan harus diterapkan. Manfaat yang didapat akan menjadikan penangan surat masuk lebih mudah dan efektif.

Aplikasi persuratan yang diterapkan dalam perkantoran dan perusahaan juga merupakan aplikasi disposisi surat yang menjadikan surat masuk dan keluar lebih tertata dan lebih mudah dalam mengkategorikan jenis surat. Dengan menerapkan aplikasi surat menyurat dalam urusan administrasi perkantoran menjadi solusi dari masalah pengarsipan surat dan membantu pekerjaan dari staf admin atau resepsionis perusahaan. Pada aplikasi persuratan menjadikan surat mudah untuk digunakan dan dikendalikan. Surat digital yang didapatkan akan lebih mudah diatur dan dikategorikan sehingga memudahkan dalam korelasi antara surat masuk dan keluar. Sehingga penggunaan aplikasi perkantoran memiliki banyak manfaat jika  diterapkan pada perusahaan atau instansi.

Solusi aplikasi administrasi perkantoran di era digital

Penerapan kecanggihan teknologi di era digital memudahkan dalam semua urusan dan dari berbagai aspek. Kecanggihan teknologi yang digunakan pada masalah persuratan perusahaan dan perkantoran diterapkan dengan penggunaan aplikasi persuratan kantor. Aplikasi administrasi perkantoran yang digunakan haruslah mampu membantu dalam banyak hal persuratan perusahaan, agar penerapannya dapat digunakan secara maksimal dan optimal. Dalam penerapan aplikasi surat menyurat haruslah memperhatikan kebutuhan dari perusahaan, dengan demikian SIPAS hadir dalam menjawab kebutuhan pengarsipan surat perusahaan. SIPAS  (Sistem Informasi Pengelolaan Arsip Surat) merupakan sebuah sistem pengelolaan arsip surat yang dapat diterapkan dalam berbagai perkantoran dan perusahaan dalam membantu memudahkan resepsionis dalam melakukan pencatatan surat. Kelebihan-kelebihan yang dimiliki dari SIPAS antara lain adalah:

1. Aplikasi SIPAS dapat digunakan dan diakses secara mobile ataupun aplikasi

Penggunaan dan pengaksesan aplikasi disposisi surat  secara mobile dan menggunakan aplikasi menjadikan penanganan surat masuk dan keluar dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun.

2. Aplikasi SIPAS memiliki fitur yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan

Aplikasi surat menyurat haruslah mampu menjawab permasalahan dari perusahaan dan perkantoran. Oleh karena itu fitur yang dimiliki haruslah mampu menyesuaikan kebutuhan tersebut dengan baik.

3. Aplikasi persuratan kantor yang memudahkan dalam pencatatan surat

Pada aplikasi persuratan SIPAS menjadikan perusahaan mudah dalam melakukan pencatatan surat dan melakukan penanganan surat masuk dan keluar. Pada aplikasi SIPAS menjadikan mudah dalam mengategorikan jenis surat yang didapat.

4. Laporan data dan penyimpanan data  dilakukan secara terpusat

Data yang didapat perusahaan akan disimpan dengan aman dan terpusat, sehingga memudahkan dalam mencari berkas surat dan mengurangi potensi kehilangan. Laporan data yang diberikan juga dilakukan secara berkala sehingga memudahkan dalam pelaporan kepada pimpinan.

5. Ekspedisi surat dilakukan secara otomatis

Pada aplikasi disposisi surat pendistribusian dilakukan secara otomatis sehingga mampu menghemat waktu dan biaya dan dapat menjangkau berbagai perusahaan yang diinginkan dengan waktu singkat. Riwayat ekspedisi surat dapat dilihat untuk memudahkan keberadaan surat.

6. Monitoring persuratan pada aplikasi

Pada aplikasi SIPAS juga menjadi aplikasi disposisi surat dengan menjadikan sekretaris atau resepsionis mudah dalam melakukan disposisi surat. Monitoring juga dapat dilakukan di aplikasi sehingga sekertaris mudah dalam melakukan pemantauan surat disposisi.

Dalam penerapan aplikasi disposisi surat SIPAS pada perusahaan atau instansi yang anda miliki, dapat dengan mengunjungi website resmi dari SIPAS dan menghubungi kontak.

Kesimpulan

Administrasi perkantoran penting dilakukan dalam perkantoran ataupun perusahaan, dikarenakan perusahaan selalu menerima surat yang masuk dan keluar.  Dengan kemajuan teknologi menjadikan urusan administrasi perkantoran harus diubah menjadi lebih canggih, sehingga surat digital yang didapatkan oleh perusahaan dapat diarsipkan dan dicatat secara baik. Aplikasi surat menyurat SIPAS menjadi solusi permasalahan surat digital yang ada pada perusahaan.

  • Dengan penggunaan aplikasi persuratan yang mampu menyesuaikan kebutuhan perusahaan menjadikan urusan pengarsipan surat digital lebih mudah dan efektif
  • Aplikasi persuratan kantor menjadi pilihan terbaik dalam menangani permasalahan surat menyurat dan termasuk pada surat digital
  • Aplikasi SIPAS adalah bentuk dari aplikasi surat menyurat yang memberikan bantuan terhadap masalah persuratan dan menjadi aplikasi disposisi surat yang memudahkan dalam pengarsipan surat
  • SIPAS menyediakan fitur yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dari perusahaan dan menjadikan pekerjaan lebih mudah dilakukan

Dengan demikian aplikasi SIPAS adalah aplikasi surat menyurat dan aplikasi persuratan kantor dalam membantu administrasi perkantoran di era digital.

Aplikasi Persuratan

Sekawan Media menyediakan produk aplikasi untuk membantu tata kelola persuratan bisnis Anda.

Artikel Terkait

fitur konsep surat

Fitur Konsep Surat

Fitur konsep surat digunakan untuk perencanaan pembuatan surat sebelum surat siap diterbitkan. Pembuatan konsep surat...

Langganan Artikel Kami

Berlangganan dan dapatkan pemberitahuan setiap kami meluncurkan artikel terbaru.

Frame 3 (2)