Pentingnya Aplikasi Persuratan dalam Manajemen Bisnis Anda

Aplikasi persuratan pada perusahaan sangatlah dibutuhkan oleh pihak perusahaan karena surat menyurat termasuk hal yang berpengaruh. Di dalam persuratan perusahaan ada pencatatan surat yang berhubungan dengan pihak internal perusahaan maupun pihak eksternal dalam bentuk kerja sama. Pengarsipan surat harus dicatat dan didata dengan baik, agar saat melakukan pencarian dapat dengan mudah ditemukan. Dalam hal pengarsipan surat, pencatatan harus dikategorikan berdasarkan surat masuk dan keluar. Selain itu, pencatatan surat harus juga dilakukan sesuai nomor surat untuk memudahkan dalam kategorisasi dan penemuan surat.

Pengarsipan surat yang dilakukan secara konvensional dan tidak menggunakan aplikasi arsip surat menjadikan proses pencatatan menjadi lama dan tidak otomatis. Penerimaan surat masuk dan keluar dari perusahaan yang berbeda-beda jenisnya mengakibatkan proses pencatatan konvensional bukan menjadi opsi terbaik dalam mengatasi proses pengarsipan surat digital.

Pencatatan secara konvensional membutuhkan tenaga ahli di bidangnya dan menyulitkan untuk mengakses arsip surat dimanapun dan kapanpun. Sedangkan kemajuan zaman yang mengharuskan aplikasi mampu beradaptasi dan menyesuaikan pergerakan perusahaan. Dengan demikian perusahaan membutuhkan aplikasi persuratan yang mampu beradaptasi dengan kebutuhan perusahaan dan mobilitas perusahaan.

Apa itu Aplikasi Persuratan?

Dalam proses persuratan terdapat disposisi surat masuk dan keluar yang berbeda-beda asal dan jenisnya, pengarsipan surat yang dilakukan secara konvensional sangat membutuhkan waktu yang lama karena data yang di input tidak secara otomatis dan terpusat. Dengan demikian perlu adanya aplikasi surat menyurat yang membantu dalam masalah persuratan yang ada. Aplikasi persuratan adalah aplikasi yang berbentuk e-persuratan yang berbasis web dengan berbagai fitur di dalamnya dengan kemampuan mengarsipkan surat secara aman dan terpusat.

Aplikasi persuratan adalah aplikasi penerimaan surat yang mampu membantu pendistribusian surat dengan mudah, cepat, dan tepat. Pendistribusian dapat dilakukan secara otomatis dan dapat diawasi mengenai surat yang belum terdistribusikan. Pada aplikasi ini menjadikan surat digital lebih mudah untuk dikoordinasikan dan dikontrol.

Mengapa Aplikasi Persuratan Dibutuhkan oleh Perkantoran?

Aplikasi ini dibutuhkan oleh perusahaan karena memudahkan pekerjaan dalam penerimaan surat digital, di aplikasi ini juga menjadi aplikasi agenda surat masuk dan keluar yang mencatat surat secara terdata, dan pastinya memberikan laporan secara berkala sehingga pengarsipan kantor dapat terpantau dengan baik.

Aplikasi persuratan bermanfaat untuk membantu dalam hal pendistribusian surat, dengan menjadikan distribusi surat menjadi lebih cepat dan memudahkan identifikasi surat yang belum terdistribusikan. Selain itu menjadi aplikasi penomoran surat otomatis yang mengurangi kesalahan dalam penomoran surat. Dalam penggunaan aplikasi surat menyurat perkantoran menjadikan birokrasi dan urusan persuratan lebih efisien dan tentunya pengaksesan aplikasi dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun.

Mengapa penting untuk bisnis anda?

Untuk memenuhi kebutuhan teknologi yang semakin canggih, aplikasi surat menyurat  juga harus semakin berkembang. Oleh karena itu SIPAS atau Sistem Informasi Pengelolaan Arsip Surat yang membuat pencatatan surat menjadi lebih mudah dan dapat dikendalikan dengan baik. Aplikasi SIPAS merupakan bentuk dari aplikasi agenda surat masuk dan keluar yang berupa aplikasi arsip surat buatan dari PT. Sekawan Media Informatika yang didalamnya terdapat banyak fitur untuk membantu persuratan. Aplikasi persuratan memberikan laporan secara berkala sehingga memudahkan untuk memberi laporan kepada pimpinan perusahaan. Aplikasi SIPAS juga mampu menyimpan data secara aman dan tanpa khawatir data akan hilang.

Aplikasi e-persuratan ini juga dapat mendistribusikan surat masuk dan keluar secara cepat dan akurat. Pada masalah pendistribusian surat dapat dilihat ekspedisi surat atau riwayat keberadaan surat. Pada surat digital masuk dan keluar yang ada disesuaikan dengan relasi keterkaitannya, sehingga memudahkan dalam pencarian korelasi surat.  Selain itu, e-persuratan ini juga menjadi aplikasi penomoran surat otomatis sehingga pemberian nomor surat tidak dilakukan secara manual yang memungkinkan terjadinya kesalahan pada pengurutan nomor.

Selain itu aplikasi ini menjadikan pembuatan konsep surat menjadi mudah karena rancangan atau konsep dapat dibuat langsung melalui aplikasi. SIPAS menyediakan banyak fitur-fitur yang menarik dan membantu instansi atau perusahaan dalam pengarsipan dan fitur-fitur dari SIPAS yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan instansi tersebut. Maka dari itu setiap perusahaan dan instansi harus memilih SIPAS dalam membantu penerimaan surat masuk dan keluar.

Bagaimana SIPAS Menjadi Solusi Arsip Surat?

Aplikasi SIPAS menjadi solusi masalah perusahaan mengenai persuratan. Penggunaannya dapat diterapkan di perusahaan atau instansi pemerintah. SIPAS hadir memberikan kemudahan bagi semua urusan administrasi dan persuratan. Aplikasi SIPAS memiliki fitur-fitur yang mampu memudahkan urusan persuratan dengan baik, fitur-fitur yang dimiliki dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan dan instansi terkait. SIPAS menjadi solusi terkini dalam menyelesaikan permasalahan kantor.

Penggunaan aplikasi berbasis web yang dapat diakses secara mobile ataupun aplikasi memudahkan dalam pengontrolan surat. Memudahkan dalam pendistribusian disposisi surat sehingga dapat menghemat waktu dan biaya. Dengan demikian setiap perusahaan dan instansi harus menerapkan aplikasi persuratan SIPAS

Kesimpulan

Aplikasi persuratan menjawab kesulitan yang dihadapi oleh perusahaan dalam masalah pencatatan surat masuk dan keluar di perusahaan dan perkantoran. Pengarsipan surat digital mengakibatkan banyaknya permasalahan surat yang harus diatasi oleh perusahaan. Oleh sebab itu aplikasi SIPAS memiliki keunggulan dalam mengatasi masalah persuratan dalam perusahaan. Keunggulan tersebut antara lain:

  • Aplikasi SIPAS mudah dalam penggunaannya, dapat digunakan melalui web atau aplikasi
  • Aplikasi e-persuratan yang termasuk dalam aplikasi agenda surat masuk dan keluar yang membantu memudahkan disposisi surat masuk dan keluar pada perusahaan
  • SIPAS menjadikan pendistribusian surat keluar perusahaan menjadi lebih efektif dan efisien
  • Pendistribusian surat dapat diketahui riwayat perjalanannya sehingga memudahkan dalam pelacakan surat
  • Penyimpanan data surat secara aman dan terpusat
  • SIPAS juga merupakan aplikasi penomoran surat otomatis dan pembuatan rancangan surat keluar dapat dilakukan melalui aplikasi
  • Laporan data yang dilakukan secara berkala dalam bentuk grafik dan tabel memudahkan dalam melaporkan kepada pimpinan

Perusahaan atau instansi yang ingin menerapkan SIPAS dalam sistem persuratan dapat menghubungi kami di Kontak.

Aplikasi Persuratan

Sekawan Media menyediakan produk aplikasi untuk membantu tata kelola persuratan bisnis Anda.

Artikel Terkait

Langganan Artikel Kami

Berlangganan dan dapatkan pemberitahuan setiap kami meluncurkan artikel terbaru.

Frame 3 (2)