Contoh Surat Pribadi: Fungsi, Struktur, dan Ciri-Cirinya

Contoh surat pribadi harus diketahui dan dipahami oleh setiap orang yang ingin menuliskan surat kepada keluarga, teman, dan sahabat. Hal ini karena berkaitan dengan beberapa keperluan.

Sekarang ini, memang zaman sudah canggih dan proses izjn atau berkabar memanfaatkan perangkat digital, seperti smartphone. Namun, surat-menyurat masih digunakan di beberapa tempat, salah satunya sekolah.

Selain sebagai bentuk perizinan, surat pribadi juga biasa digunakan sebagai media komunikasi untuk beberapa keperluan sekaligus.

Surat pribadi sendiri juga termasuk ke dalam salah satu bentuk komunikasi tulis yang ditujukkan secara personal kepada orang lain, baik keluarga, teman, atau yang lainnya.

Namun, yang perlu dipahami adalah surat pribadi berbeda dengan surat resmi maupun niaga. Hal ini karena surat-menyurat sendiri dibagi menjadi tiga, yakni pribadi, dinas atau resmi, dan niaga.

Lebih lanjut, berikut ini akan dijelaskan mengenai contoh surat pribadi beserta struktur, unsur, dan ciri-cirinya. 

Definisi Surat Pribadi

Surat pribadi adalah sebuah surat yang dibuat oleh seseorang dan isinya menyangkut kepentingan pribadi. Jenis surat ini dijadikan sebagai komunikasi tertulis yang berisi pesan personal.

Secara umum, surat ini ditujukkan kepada seseorang yang lebih spesifik. Isinya sendiri seringkali lebih rinci dan mendalam dibandingkan pesan yang biasa dikirim melalui media sosial atau pesan lainnya.

Kemudian, untuk penulisannya sendiri bersifat lebih santai dan biasanya menggunakan bahasa yang tidak atau kurang formal.

Meskipun penggunaan bahasanya lebih santai, maka harus tetap ditulis dengan jelas supaya lebih mudah dipahami oleh pembaca.

Akan tetapi, bahasa yang digunakan pun juga harus disesuaikan dengan orang yang dituju. Artinya, tidak melulu menggunakan bahasa yang tidak formal, bisa jadi semi formal dan formal.

Selain itu, jumlah penulisan surat ini juga tidak ada batasannya, karena bisa menuliskan sesuka hati. Surat ini pun tidak mempunyai aturan baku seperti surat dinas.

Adapun perbedaan surat pribadi dan surat dinas adalah pada penggunaan bahasanya. Bahasa dalam surat dinas lebih baku dan sesuai dengan EYD, sementara surat pribadi tidak resmi.

Kemudian, surat dinas ditujukan kepada instansi yang bersifat resmi serta mencantumkan kop surat. Isinya pun berupa pemberitahuan, penyampaian naskah dinas, dan lainnya.

Fungsi Surat Pribadi

Seperti halnya dengan surat-surat lainnya, jenis surat ini juga memiliki beberapa fungsi spesifiknya. Hal ini tentu berbeda dengan jenis surat lainnya dan tidak hanya sebagai media komunikasi saja.

Berikut ini beberapa fungsi dari surat pribadi:

1. Mengekspresikan diri 

Jenis surat ini biasanya dikenal sebagai surat untuk mengekspresikan diri. Hal ini tidak lepas dari pesan atau isi yang dituliskan berdasarkan perasaan seseorang dan untuk keperluan tertentu saja.

2. Sarana penyampaian ide

Menulis di sebuah surat juga bisa sebagai sarana penyampaian ide atau gagasan seseorang. Mereka bisa menuliskan gagasan secara bebas dan disampaikan kepada orang terdekat.

3. Menyampaikan pesan pribadi

Paling penting, fungsi dari surat pribadi adalah untuk menyampaikan pesan pribadi kepada orang terdekat, salah satunya teman. Hal ini biasanya disebut sebagai surat pribadi untuk teman.

Struktur Surat Pribadi

Dalam menuliskan contoh surat pribadi, tentu memiliki struktur yang harus diikuti supaya lebih jelas dan rinci, sehingga pembaca tidak merasa bingung.

Meskipun sebenarnya, surat ini biasa ditulis dengan format yang bebas. Namun, tidak ada salahnya jika menuliskan sesuai dengan struktur yang ada.

Berikut ini struktur surat pribadi yang umum digunakan selama ini:

1. Alamat penerima surat

Struktur pertama yang wajib dituliskan adalah alamat dan nama penerima surat. Struktur ini harus dituliskan secara lengkap supaya tidak salah sasaran tempat atau orangnya.

Umumnya, alamat dan nama penerima ini dituliskan di bagian depan pada amplop. Dari sini, pihak kurir bisa melihat dan mengirimkan surat sesuai alamat yang benar.

2. Tempat dan tanggal surat

Selain alamat dan nama, tempat serta tanggal surat juga sangat diperlukan. Tujuannya untuk membantu penerima mengetahui kapan surat ditulis serta biasanya terletak di bagian atas kiri.

3. Salam pembuka

Hampir semua surat pasti ada salam pembuka atau kata sapaan. Namun, pada jenis surat ini biasanya lebih bersifat santai, seperti Assalamualaikum, hai, hallo, dan lainnya.

4. Paragraf pembuka

Setelah salam pembuka, biasanya akan ada paragraf pembuka. Struktur ini berisi pengenalan topik di dalam surat.

5. Isi surat

Struktur paling penting selanjutnya adalah isi surat yang berfungsi untuk menyampaikan pesan atau maksud dan tujuan dari pengirim. Isinya pun beragam sesuai dengan keinginan dan keperluan penulis.

6. Penutup 

Setelah isi surat tersampaikan dengan baik, maka selanjutnya menuliskan kata penutup. Biasanya dituliskan berupa ucapan terima kasih maupun harapan penulis terkait pesan tersebut.

7. Nama pengirim

Struktur terakhir dalam contoh surat pribadi adalah nama pengirim disertai dengan tanda tangan. Keterangan ini biasanya diletakkan di bagian paling bawah sebelah kanan.

Ciri-Ciri Surat Pribadi

Perlu diketahui, contoh surat pribadi yang biasa ditulis pun mempunyai beberapa ciri-ciri di dalamnya. Ciri-ciri surat pribadi digunakan untuk membedakan dengan jenis surat lainnya.

Berikut ini beberapa ciri-ciri dari jenis surat pribadi yang perlu diketahui:

  • Tidak perlu menggunakan kepala maupun nomor surat, seperti layaknya jenis surat dinas atau resmi.
  • Salam pembuka dan penutup pada contoh surat pribadi yang dituliskan lebih bersifat personal atau santai.
  • Kalimat atau isi surat menggunakan bahasa yang tidak terlalu resmi, seperti percakapan sehari-hari, namun tetap mudah dipahami.
  • Tidak ada peraturan yang mengikat dalam penulisannya.
  • Unsur atau struktur surat tidak selengkap surat dinas atau yang lainnya.

Contoh Surat Pribadi

Ilustrasi contoh pembuatan surat pribadi. (Sumber: © Freepik)

1. Contoh surat pribadi singkat untuk orang tua

Malang, 10 Januari 2024

Kepada,

Ibu dan Bapak

di  Jambi

Assalamu’alaikum, wr, wb

Ibu Bapak ada kabarnya? Semoga Ibu, Bapak, dan Keluarga sehat selalu di sana, ya. Alhamdulillah, Rani di sini baik-baik saja.

Bu, Pak, liburan semester kali ini Rani belum bisa pulang ke Jambi. Rani sedang ada Praktik Kerja Lapangan (PKL) selama 5 bulan atau satu semester ke depan. Rani ditempatkan di salah satu sekolah di Kabupaten Malang. 

Rani juga mohon sama Ibu dan Bapak kalau ada uang untuk ditransfer karena keperluan semester cukup banyak. Semoga Ibu dan Bapak bisa mengerti dan memahami terkait keperluan Rani semester ini, ya.

Rani berjanji kepada Ibu dan Bapak untuk terus belajar agar lulus tepat waktu dengan nilai yang bagus. Rani rindu keluarga di Jambi, tapi mohon maaf belum bisa pulang kampung.

Mohon doa restu dari Ibu, Bapak, dan keluarga semoga Rani diberikan kemudahan dan kelancaran untuk melaksanakan tugas di sini.

Wassalamu’alaikum, wr, wb

Salam rindu dari ananda,

Rani Novita

2. Contoh surat pribadi untuk teman

Semarang, 8 Mei 2023

Ananda Putri

Jl. Soekarno Hatta No. 17, Yogyakarta

Hallo Putri,

Aku mau meminta maaf atas kesalahanku padamu kemarin. Aku tahu kesalahan ini sudah tidak bisa ditoleransi lagi. Tapi, aku tidak ingin persahabatan kita berakhir sampai sini.

Maaf, aku kemarin tidak nurut atas semua saran yang kamu berikan perihal masalahku dengan pacar. Aku menyadarinya jika aku keterlaluan padamu.

Aku tahu bagaimana perasaan kamu kepadaku kemarin hingga saat ini. Terima kasih sudah menjadi teman terbaik ku sedari dulu. Semoga kamu bisa memaafkanku dan menerimaku kembali.

Salam hangat, 

Rosyi

3. Contoh surat pribadi untuk ibu guru

Jakarta, 17 Desember 2023

Teruntuk Ibu Guruku Tercinta,


Assalamu’alaikum wr, wb.

Apa kabar Ibu? Saya berharap Ibu saat ini dalam keadaan sehat wal’afiat serta selalu dalam lindungan Allah SWT.

Ibu, saya ingin menyampaikan kabar gembira. Harapan Ibu waktu SMA pada Agnes, kini Alhamdulillah sudah terwujud. Agnes berhasil masuk ke Universitas Indonesia, sesuai harapan dan impian.

Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Ibu atas bimbingannya selama ini, selalu memberikan arahan terbaik buat masa depan Agnes.

Agnes tidak akan pernah melupakan jasa-jasa Ibu karena sudah membantu untuk mewujudkan impian ini. Terima kasih Ibu, semoga sehat selalu.

Sekian surat ini saya buat, sampai ketemu di lain hari untuk obrolan lebih panjang, bu. Terima kasih saya haturkan kepada Ibu.

Salam Hormat,

Agnes Rizki

Nah, itulah beberapa contoh surat pribadi, seperti surat untuk orang tua dan teman dekat atau sahabat. Anda bisa mengganti format di atas sesuai dengan keperluan serta nama yang dituju.

Contoh surat pribadi di atas juga bisa Anda jadikan referensi jika ingin menuliskan untuk seseorang atau hanya sekedar mengungkapkan gagasan saja.

Perlu dipahami, jika contoh surat pribadi di atas berbeda dengan surat dinas karena bahasanya sudah sangat berbeda serta lebih santai.

Selain surat dinas dan pribadi, surat-menyurat juga penting di sebuah instansi, baik swasta atau negeri. Hal ini karena surat di perusahaan berkaitan dengan beberapa aspek penting di dalamnya.

Maka dari itu, dalam mengelola arsip surat di sebuah instansi diperlukan seseorang yang ahli di bidangnya. Namun, Anda bisa memanfaatkan aplikasi SIPAS untuk mengelola surat-menyurat.

SIPAS menjadi salah satu aplikasi yang sangat bermanfaat untuk mengelola arsip surat. Mulai dari pencatatan agenda surat, disposisi, dan keperluan surat menyurat lainnya. 

Jika menggunakan aplikasi ini, dijamin semua kebutuhan persuratan instansi Anda akan tertata dengan rapi dan tidak ada yang hilang.Apabila Anda tertarik untuk menggunakan, bisa langsung request demo di website resmi SIPAS serta konsultasikan sesuai kebutuhan instansi Anda.

Artikel Terkait

Langganan Artikel Kami

Berlangganan dan dapatkan pemberitahuan setiap kami meluncurkan artikel terbaru.

Frame 3 (2)