Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja Resmi

Share on email
Share on whatsapp
Share on facebook

Contoh surat pengunduran diri sering dicari oleh banyak orang dalam melakukan pembuatan surat pengunduran diri berupa surat pengunduran kerja maupun surat pengunduran diri atas tindakan atau aktivitas tertentu. Surat pengunduran ini harus dibuat dengan baik dan sesuai format karena berkaitan termasuk ke dalam surat resmi.

Surat pengunduran diri ini tidak asing bagi karyawan yang bekerja di suatu perusahaan karena pastinya akan ada karyawan yang mengundurkan diri atau resign dari pekerjaan mereka. Oleh karena itu pembuatan surat pengunduran diri yang baik dan benar haruslah dipahami oleh semua karyawan.

Pengertian surat pengunduran diri

Dari namanya saja sudah diketahui bahwa surat pengunduran diri merupakan bentuk pernyataan mengundurkan atau keluar dari suatu pekerjaan yang dimiliki. Selain mengundurkan diri pada pekerjaan yang telah ditempatinya, namun juga dapat mengundurkan atau keluar dari aktivitas yang telah dilakukan sebelumnya.

Pernyataan pengunduran diri harus secara tertulis secara resmi dan akan menyalahkan aturan apabila dinyatakan secara lisan. Karena pernyataan secara lisan dianggap tidak resmi dan kurang sopan, pernyataan keluar atau mengundurkan diri selalu ditujukan kepada atasan atau bagian yang mengurusi mengenai persoalan karyawan atau sering disebut dengan Human Resource Development atau HRD. 

Maka dari itu pembuatan surat pengunduran diri harus sesuai dengan format atau aturan yang ada dengan tetap memperhatikan isi atau tujuan dari pembuatan surat tersebut. Serta menggunakan bahasa penyampaian secara resmi, baik, benar, dan sopan.

Tujuan surat pengunduran diri

Pembuatan surat pengunduran diri dipilih sebagai bentuk pernyataan bahwa karyawan atau seseorang telah yakin untuk keluar dari lingkup kerja mereka. Dalam pembuatannya surat pengunduran diri harus memiliki isi dan alasan yang logis untuk memutuskan tindakan ini. Karena hal ini merupakan keputusan besar yang diambil oleh orang tersebut. 

Tujuan dari pembuatan surat pengunduran diri antara lain adalah

  • Agar tetap terlihat profesional dalam bekerja


    Adanya pemberitahuan mengenai surat pengunduran diri akan memperlihatkan profesionalitas dalam bekerja. Saat keluar dari suatu pekerjaan, seorang karyawan tidak pantas menghilang begitu saja tanpa adanya proses pamitan atau pengunduran diri.
    Dengan memberikan surat pengunduran diri tentunya akan menunjukan rasa kesopanan serta tata krama, dan menunjukan bahwa masih memiliki rasa hormat dengan tidak menghilang tanpa kabar.

  • Agar perusahaan dapat mencari karyawan baru


    Adanya kejelasan mengenai surat pengunduran diri tentunya akan mempermudah perusahaan mengetahui status karyawan tersebut dan dapat segera mencari pengganti yang baru. Bisa saja posisi karyawan yang sedang kosong tersebut adalah posisi penting yang harus segera mendapat gantinya karena akan mempengaruhi proses dari pekerjaan perusahaan.

  • Memberikan informasi karyawan


    Surat pengunduran diri menunjukan bahwa surat tersebut dapat sebagai pemberhentian proses kerja yang dimiliki oleh karyawan tersebut dengan menunjukan status sudah tidak bekerja lagi. Juga dapat menjadi informasi bahwa karyawan tersebut sudah tidak berhak berurusan dengan pekerjaan yang dilakukannya sebelumnya.

Alasan pengunduran diri

Seseorang dalam melakukan keputusan pengunduran diri dari pekerjaan mereka tentunya memiliki alasan-alasan tersendiri. Keputusan yang diambil sudah dipertimbangkan dengan matang sehingga dibuatlah surat pernyataan resign. Alasan-alasan tersebut dapat berupa banyak faktor antara lain adalah:

  • Faktor lingkungan pekerjaan yang kurang nyaman atau tidak mendukung proses kerja
  • Alasan gaji atau upah yang tidak sesuai dengan keinginan dari karyawan
  • Alasan keluarga
  • Ketidaksesuaian pekerjaan dengan situasi karyawan
  • Faktor fisik dari karyawan yang sudah tidak mendukung proses kerja
  • Perpindahan tempat tinggal atau domisili
  • Memulai bisnis sendiri atau menjadi pebisnis  sendiri
  • Meneruskan studi atau kuliah
  • Mencari tantangan dan pengalaman baru

Beberapa alasan yang telah disebutkan diatas dapat menjadi alasan karyawan untuk mengundurkan diri atau resign dari perusahaan. Dalam pembuatan surat pengunduran diri haruslah sesuai dengan kenyataan atau fakta aslinya dengan memberi alasan yang logis. 

Format surat pengunduran diri

Cara penulisan surat pengunduran diri tentunya harus sesuai dengan aturan yang ada dengan menggunakan bahasa yang sopan, resmi, dan formal. Karena surat akan ditujukan kepada atasan atau pimpinan perusahaan. Penulisan yang digunakan semakin singkat semakin baik, namun dengan catatan surat yang ditulis tetaplah memiliki tujuan yang jelas dan tidak berbelit-belit mengenai pernyataan pengunduran diri.

Pemilihan bahasa yang sopan, formal, dan resmi serta tidak meninggalkan mengutamakan etika penyampaian akan menjadikan karyawan tetap terlihat profesional dan bekerja seperti sebagaimana mestinya. Walaupun sederhana dalam pembuatannya, surat ini tetaplah surat resmi yang bersifat formal. 

Formatan tersebut dapat diketahui secara sederhana sebagai berikut:

  1. Keterangan tanggal dan tempat pembuatan surat yang diletakkan di kanan atau kiri atas surat
  2. Alamat lengkap tujuan surat yang harus dituliskan pada surat dan terletak di sisi kiri atas dan ditulis dengan menggantung.
  3. Isi dari surat pengunduran diri dan alasan mengundurkan diri yang logis.
  4. Nama lengkap dan tanda tangan pembuat surat.
  5. Pemberian materai pada surat.

Meskipun terkesan sederhana dalam pembuatan surat pernyataan resign ini, tetapi harus tetap memperhatikan formatan serta proses yang sesuai dengan menggunakan bahasa baik, benar, dan sopan. 

Berikut adalah contoh surat pengunduran diri yang resmi dan formal sesuai dengan format yang sesuai.

Contoh surat pengunduran diri kerja

 

SURAT PERNYATAAN PENGUNDURAN DIRI

 

Malang, 25 Januari 2020

Yth. Pimpinan

Indosakti Raya

Malang

 

Yang bertanda tangan di bawah ini: 

Nama : Hadi Riyadi

Alamat : Jalan Remujung No. 23 Ketawanggede, Lowokwaru Malang

Jabatan : Sales Marketing

 

Melalui surat pernyataan ini, saya bermaksud untuk menyampaikan pengunduran diri dari jabatan saya sebagai Sales Marketing terhitung sejak tanggal 25 Januari 2020.

Sebelumnya saya ingin mengucapkan terima kasih atas kesempatan serta dukungan yang telah diberikan untuk belajar dan bekerja pada perusahaan ini.  Semua kesempatan serta ilmu yang saya dapatkan di sini sangat bermanfaat bagi saya untuk kedepannya. 

Saya juga ucapkan permohonan maaf yang sebesar-besarnya jika selama saya bekerja di perusahaan ini saya melakukan banyak kesalahan kepada rekan-rekan satu departemen maupun dengan yang lainnya baik kesalahan yang saya sengaja maupun tidak sengaja. 

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan penuh kesadaran diri tanpa adanya paksaan dari pihak manapun. Terima kasih atas perhatian yang telah diberikan.

 

Hormat saya,

 

Hadi Riyadi

 

 

 

Contoh Surat Pengunduran Organisasi 

 

Surabaya, 5 Agustus 2018

 

Yth. Ketua Umum

Organisasi Muda Berkarya

Surabaya

 

Melalui surat pernyataan ini, saya bermaksud untuk menyampaikan pengunduran diri sebagai Bendahara Umum di Organisasi Muda Berkarya karena ada pekerjaan yang mengharuskan saya untuk berpindah domisili ke kota lain terhitung sejak tanggal 10 Agustus 2018. 

Saya mengucapkan banyak terima kasih atas kesempatan dan ilmu yang telah diberikan selama saya menjadi bagian di organisasi ini. Saya memohon maaf apabila selama saya menjadi anggota maupun Bendahara Umum sering melakukan kesalahan. 

Semoga dengan keluarnya saya dari organisasi ini tidak menjadi penghalang proses berkembangnya organisasi ini serta tidak menjadi penghambat rekan-rekan untuk terus memajukan organisasi. Demikian surat pengunduran ini saya sampaikan, saya ucapkan terima kasih atas perhatian yang telah disampaikan.

 

Hormat  Saya,

 

Rendy Sandoro

 

 

Kesimpulan

Dari penjelasan dan paparan mengenai pengunduran diri, contoh surat, tujuan serta alasan pengunduran diri dari seorang karyawan suatu pekerjaan maka dapat diambil kesimpulan bahwa:

  • Pengunduran diri adalah proses yang sering terjadi pada karyawan di perusahaan.
  • Proses pengunduran diri harus dilakukan secara resmi dengan menyatakan surat pernyataan.
  • Penggunaan Bahasa pada  surat pernyataan harus sopan dan formal.
  • Alasan yang diambil juga harus logis dan sesuai fakta yang ada pada perusahaan

Artikel Terkait

fitur surat edaran

Fitur Surat Edaran

Berbagai macam jenis surat salah satunya ialah surat edaran yang berfungsi untuk memberikan informasi /...

media surat

Fitur Media Surat

Surat sampai pada penerima pada umumnya diantar oleh beberapa media antara lain kurir, email, fax,...

Langganan Artikel Kami

Berlangganan dan dapatkan pemberitahuan setiap kami meluncurkan artikel terbaru.

Frame 3 (2)