5+ Contoh Surat Pernyataan dan Cara Pembuatannya

Share on email
Share on whatsapp
Share on facebook

Contoh surat pernyataan yang baik sering digunakan sebagai acuan atau pedoman dalam melakukan pembuatan surat. Surat pernyataan merupakan bagian dari proses surat menyurat dari perusahaan atau perseorangan. Pembuatan surat ini haruslah sesuai dengan aturan yang telah disepakati serta ada sebelumnya. 

Pembuatan surat ini lebih sering dilakukan secara resmi, karena merupakan bentuk kesanggupan atas sesuatu hal. Oleh sebab itu dalam urusan pembuatan surat pernyataan ini harus dilakukan secara benar serta sesuai. Pernyataan dapat dilakukan dengan dua cara yaitu secara lisan maupun tulisan, dalam hal ini menggunakan tulisan sebagai bentuk pernyataan.

 

Apa itu surat pernyataan

Seperti namanya, surat pernyataan adalah bentuk kesanggupan yang dilakukan oleh seseorang dalam bentuk tulisan. Pernyataan tersebut bersifat resmi dan lebih banyak berkaitan dengan sifat hukum. Surat pernyataan sering disebut juga sebagai surat pernyataan kesanggupan, karena isinya berkaitan dengan kesanggupan melakukan sesuatu beserta resiko yang akan dihadapi.

Selain itu, isi dari surat pernyataan juga berkaitan dengan pernyataan bahwa seseorang tersebut pernah maupun belum pernah melakukan sesuatu hal yang ditujukan kepada orang lain. Dalam hal ini surat pernyataan juga sebagai bentuk tanggung jawab yang diberikan kepada perseorangan atau kelompok kepada pihak lain.

Saat ini surat pernyataan sering menjadi sebuah persyaratan atau keharusan dilampirkan pada sebuah lamaran pekerjaan atau menjadi bukti terlampir. Seperti pada lamaran pekerjaan dengan memberikan lampiran surat pernyataan kerja. Dalam hal ini surat pernyataan berbentuk surat resmi dengan memberikan materai pada akhir surat, sehingga terikat dengan hukum. Pemberian materai akan menjadikan isi dari surat tersebut lebih kuat dan dapat dipertanggungjawabkan secara hukum.

Pembuatan surat  pernyataan memiliki beberapa tujuan diantaranya adalah

  1. Tujuan sehari-hari
    Dalam hal ini surat pernyataan dibuat sebagai pelengkap sebuah persyaratan, seperti contohnya pada urusan lamaran pekerjaan yang mewajibkan melampirkan surat pernyataan ke dalam lamaran pekerjaan.
  2. Untuk keperluan dinas atau pekerjaan
    Dalam hal ini pembuatan surat pernyataan diberikan untuk melancarkan urusan pekerjaan, karena adanya surat pernyataan akan menjadikan pekerjaan lebih mudah dan cepat dilakukan.
  3. Keperluan lembaga
    Keperluan untuk lembaga menunjukan bahwa surat tersebut dibuat untuk sebuah lembaga guna untuk memberikan pernyataan mengenai sebuah pekerjaan, sehingga pekerjaan tersebut dapat dilakukan secara optimal.

Fungsi surat pernyataan

Selain memiliki fungsi sebagai bentuk dari pernyataan maupun kesanggupan, surat pernyataan memiliki banyak fungsi lainnya yaitu:

  1. Memberikan penjelasan lanjut tentang kesanggupan dalam melakukan sesuatu, bukan hanya kesanggupan melakukan sesuatu melainkan juga dengan menerima segala resiko yang akan terjadi kedepannya.
  2. Dokumen atau persyaratan pendukung yang dilakukan sebagai persyaratan tertentu dalam melakukan sebuah pekerjaan.
  3. Sebagai pengingat bahwa telah melakukan sebuah pernyataan mengenai kesanggupan suatu pekerjaan, oleh sebab itu pekerjaan tersebut harus dilakukan sesuai dengan pernyataan yang terlampir.
  4. Sebagai bukti apabila terjadi pelanggaran, adanya surat pernyataan memberikan suatu bukti bahwa hal tersebut sebelumnya telah disanggupi. Sehingga apabila ada pelanggaran, maka surat pernyataan sebagai bukti yang terkuat di mata hukum.

Manfaat surat pernyataan

Pembuatan surat pernyataan memiliki banyak manfaat dari pembuat, penerima, serta pihak yang akan dituju. Untuk lebih jelasnya, surat pernyataan ini bermanfaat banyak bagi beberapa pihak diantaranya adalah:

1. Bagi pembuat


Bagi pembuat akan memberikan manfaat berupa pemberian kualitas atau petunjuk mengenai sebuah kesanggupan dan kinerja pembuat, atau dengan kata lain menunjukan kredibilitas dari pembuat surat yang akan ditunjukan atau dijelaskan kepada pihak lain.

2. Bagi penerima


Adanya surat pernyataan ini menjadi bukti yang diberikan atau ditunjukan kepada penerima surat. Sehingga penerima surat dapat mengetahui keseriusan serta memiliki bentuk pertanggungjawaban terikat yang dibuat oleh pembuat ke penerima surat.

3. Bagi pihak yang dinyatakan


Dalam hal ini keberadaan surat pernyataan akan memberi keuntungan kepada pihak yang dinyatakan dalam surat karena akan mendapat pengakuan dari suatu pihak terkait hal yang telah dilakukan. Pengakuan dapat berupa pengakuan sebagai anggota ataupun mengenai kinerja yang telah dilakukan.

Dalam hal ini, pembuatan surat pernyataan memberikan banyak manfaat dari banyak pihak, sehingga surat pernyataan termasuk menjadi bagian surat penting dari sebuah proses surat menyurat.

Ciri-ciri surat pernyataan

Oleh karena surat pernyataan termasuk dengan surat resmi yang dibuat untuk sebuah kesanggupan sesuatu dengan memberikan materai sebagai tanda resmi atau keseriusan surat, maka dalam pembuatannya surat pernyataan memiliki ciri-ciri diantaranya adalah:

  • Menggunakan bahasa resmi, formal, dan informatif
  • Menulis data diri secara lengkap, rinci, dan efektif
  • Penulisan isi menggunakan bahasa dan ejaan yang baik dan benar sesuai dengan EYD
  • Memiliki judul yang terletak pada tengah surat yang menunjukan bahwa merupakan bentuk dari surat pernyataan
  • Isi surat merupakan bentuk dari surat pernyataan yang dibuat sesuai dengan fakta sebenarnya
  • Pembuat surat memberikan tanda tangan diatas materai dengan memberikan keterangan nama lengkap

Ciri-ciri dari surat pernyataan ini tentunya harus juga dijadikan patokan sebagai pembuatan surat pernyataan. Dengan membuat surat pernyataan dengan benar, tentunya akan memberikan dampak yang baik pula bagi proses surat menyurat. 

Contoh surat pernyataan

Contoh dari surat pernyataan sangatlah banyak dan tentunya berisi kesanggupan atau pernyataan dapat melakukan sesuatu pekerjaan serta menerima segala resiko yang akan terjadi dikemudian hari.

Contoh-contoh surat pernyataan tersebut adalah:

1. Surat pernyataan kerja


Surat pernyataan kerja dibuat untuk memberikan pernyataan bahwa dapat melakukan sebuah pekerjaan yang akan dilakukan dengan juga memberikan penjelasan mengenai kesanggupan terhadap pekerjaan tersebut. Contohnya pada surat pernyataan cpns, yang harus diberikan secara terlampir di saat melakukan lamaran cpns.

SURAT PERNYATAAN KERJA

 

Yang bertanda tangan di bawah ini:

 

Nama : Putra Wahyu Agung

Tempat, Tanggal lahir : Mojokerto, 5 November 1997

Jenis Kelamin : Laki-laki

Agama : Islam

Alamat : Jalan Raya SumberAgung 7, Mojokerto

Telepon : 085245678900

 

Dengan ini menyatakan bahwa saya:

  1. Sedang tidak terikat kontrak atau kerja dengan perusahaan mana pun
  2. Berstatus belum kawin
  3. Bersedia bertugas dalam masa yang ditentukan
  4. Bersedia untuk tidak mengambil cuti saat masa penugasan
  5. Tidak akan melakukan tindak pidana dalam bentuk apa pun

Demikian pernyataan ini saya buat dengan sebenar-benarnya tanpa ada paksaan dari siapapun. Jika saya melanggar pernyataan ini, saya siap untuk dituntut melalui jalur hukum dan siap menanggung segala konsekuensi atas pelanggaran yang saya lakukan.

 

                                                                                                                                                                 Malang, 15 Maret 2020

                                                                                                                                                                   Pembuat Pernyataan,

 

                                                                                                                                                                              (tanda tangan + materai)

 

                                                                                                                                                                     Putra Wahyu Agung

 

2. Surat pernyataan diri


Adanya surat pernyataan diri menunjukan serta menjelaskan bahwa diri seseorang tersebut tidaklah melakukan sebuah tindak kriminal atau mengonsumsi narkotika maupun barang berbahaya yang melanggar hukum. Surat ini dibuat serta disusun dengan menunjukan bahwa diri seseorang memiliki kualitas dan kredibilitas yang sesuai dengan persyaratan yang diberikan.

 

SURAT PERNYATAAN

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Sekar Larasati

Alamat : Jalan MT Haryono No. 36 Dinoyo Malang

Tempat, Tanggal Lahir : Jakarta, 3 April 1998

 

Dengan ini menyatakan bahwa saya:

  1. Tidak pernah terlibat dalam penggunaan narkotika atau obat-obatan lainnya
  2. Tidak pernah terlibat dalam kegiatan menggunakan, memasarkan ,atau menyebarluaskan narkoba
  3. Tidak pernah terlibat dan melakukan tindak kriminal apa pun
  4. Tidak pernah diberhentikan dari status pegawai pekerjaan sebelumnya
  5. Tidak terlibat dalam aktivitas partai politik atau menjadi anggota dan pengurus

Demikian surat pernyataan ini saya buat dengan sebenar-benarnya, tanpa adanya paksaan atau tekanan dari pihak mana pun.

Saya bersedia menerima konsekuensi hukum apabila saya melakukan pelanggaran dalam pembuatan surat ini.

 

                                                                                                                                                              Malang, 10 April 2019

 

                                                                                                                                                              Sekar Larasati

 

(tanda tangan di atas materai)

 

3. Surat pernyataan perjanjian


Menunjukan sebuah perjanjian yang dilakukan oleh dua pihak atau lebih dengan memasukan nama pihak yang terlibat dan memberikan pasal-pasal hukum mengenai isi dari perjanjian yang dibuat. Dalam hal ini pernyataan perjanjian akan menjadi bukti kuat menunjukan kesanggupan sesuatu kerja sama.

 

SURAT PERJANJIAN PEMBAYARAN

 

Yang bertanda tangan di bawah ini

Nama : Diana Septiani

Pekerjaan : PNS

Alamat : Jalan Soekarno Hatta No.110 Malang

Sebagai PIHAK PERTAMA

Nama : Lina Andini

Pekerjaan : Pengusaha

Alamat : Jalan Senggani No 89 Malang

Sebagai PIHAK KEDUA

 

Bahwa PIHAK PERTAMA dan PIHAK KEDUA  yang selanjutnya disebut PARA PIHAK sepakat untuk mengikatkan diri dalam suatu kesepakatan dengan bentuk surat perjanjian pembayaran  atas sebidang  tanah yang terletak di daerah Jalan Borobudur No.20 Malang, secara ikhlas dan kekeluargaan tanpa paksaan dari pihak manapun untuk melaksanakan pembayaran secara damai.

Berdasarkan hal-hal tersebut PARA PIHAK selanjutnya setuju dan sepakat untuk membuat Surat Perjanjian Penyelesaian ini dengan syarat-syarat dan ketentuan yang telah ditentukan.

 

                                  Malang, 11 September 2019

Pembuat Perjanjian,

Pihak Pertama                                                                                                                                                                             Pihak Kedua

 

Diana Septiani                                                                                                                                                                               Lina Andini

 

4. Surat pernyataan hutang piutang


Isi yang ada pada surat utang piutang juga menjelaskan mengenai kesanggupan pembayaran, jumlah nominal hutang dan sebagainya yang memuat dari perjanjian yang diberikan.

SURAT PERJANJIAN HUTANG PIUTANG

 

Pada hari ini 1 januari 2020, kami yang bertanda tangan di bawah ini memiliki perjanjian hutang piutang sebagai berikut.

 

Nama : Putri Ayu Wangi

Umur : 30 tahun

Pekerjaan : Wiraswasta

Nomor KTP : 378657340009

Alamat : Jalan Sudirman 12, Malang

Pihak Pertama

Nama : Beni Setyo

Umur :  35 tahun

Pekerjaan : PNS

Nomor KTP : 3987675666

Alamat : Jalan Bunga Cengkeh 25, Malang

Pihak Kedua

Yang mana kedua belah pihak memiliki kesepakatan untuk mengadakan hutang piutang. Maka dari itu melalui surat perjanjian ini dijadikan sebagai bukti. Bukti tersebut menyatakan bahawa kedua belah pihak telah melakukan hutang piutang. Kemudian telah menyetujui beberapa ketentuan sebagai berikut:

  1. Pihak pertama memberi pinjaman berupa uang tunai dengan jumlah Rp 50.000.000 (lima puluh juta rupiah).
  2. Dari pinjaman tersebut pihak kedua telah memberi jaminan berupa sertifikat tanah dari pihak kedua.
  3. Pihak kedua akan mengembalikan pinjaman tersebut tanpa disertai bunga, serta dengan jangka waktu selama 1 (satu) tahun.
  4. Apabila pihak kedua tidak membayar pinjaman sesuai jangka waktu yang telah ditentukan, maka jaminan tersebut akan dikuasai oleh pihak pertama.

Surat ini dibuat sebanyak dua rangkap dengan masing-masing sudah ditandatangani disertai dengan materai 6000. Demikian pembuatan surat perjanjian hutang piutang ini dibuat. Surat ini tidak ada unsur paksaan dari kedua belah pihak serta pihak lainnya,

 

Malang, 1 Januari 2020

Yang membuat perjanjian,

 

Pihak Pertama                                                                                                                                                                        Pihak Kedua

 

Putri Ayu Wangi                                                                                                                                                                      Beni Setyo

 

5. Surat pernyataan kepemilikan harta


Pada surat ini, pembuat surat menunjukan serta menjelaskan harta apa saja yang dimiliki entah dalam jumlah tunai, barang, maupun surat berharga. Intinya dalam surat ini menunjukkan sebuah kepemilikan harta dari pihak pembuat surat.

Dari contoh-contoh surat pernyataan diatas, semua surat pernyataan bersifat resmi dengan penulisan disertakan materai serta menggunakan bahasa formal yang efektif, efisien, serta sesuai dengan ejaan. 

 

SURAT PERNYATAAN KEPEMILIKAN HARTA

 

Yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama : Gatot Subroto

NPWP : 1245.234.6-009

NIK : 300987654711

Alamat : Jalan Senopati No.200 Bandung Barat

 

Dengan ini MENYATAKAN dengan sesungguhnya / sebenarnya bahwa:

  1. Harta dengan perincian sebagaimana terlampir dan merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan dari Surat Pernyataan ini merupakan milik dari:

          Nama : Gatot Subroto

          NPWP : 1245.234.6-009

          NIK : 300987654711

          Alamat : Jalan Senopati No.200 Bandung

 

     2. Bahwa saya menjamin sepenuhnya kebenaran atas Surat pernyataan Kepemilikan Harta dari segala akibat yang mungkin timbul di kemudian hari.

Demikian Surat pernyataan Kepemilikan Harta ini saya buat dengan sebenarnya dalam keadaan sehat jasmani dan rohani serta tidak ada paksaan dari siapapun. 

 

                                                                                                                                                            Bandung, 1 oktober 2020

 

                                                                                                                                                                  (Tanda tangan + materai)

                                                                                                                                               Gatot Subroto

 

 

Kesimpulan

  • Surat pernyataan adalah bentuk surat penting yang dibuat untuk menunjukan mengenai sebuah kesanggupan.
  • Surat pernyataan ditulis secara resmi dengan memberikan tanda tangan dan materai sebagai bukti kuat dari isi surat.
  • Manfaat pembuatan surat berdampak pada banyak pihak.
  • Contoh-contoh surat pernyataan memiliki berbagai ciri-ciri dn jenis dalam pembuatannya. 

Artikel Terkait

fitur konsep surat

Fitur Konsep Surat

Fitur konsep surat digunakan untuk perencanaan pembuatan surat sebelum surat siap diterbitkan. Pembuatan konsep surat...

Langganan Artikel Kami

Berlangganan dan dapatkan pemberitahuan setiap kami meluncurkan artikel terbaru.

Frame 3 (2)