Teamwork: Pengertian, Manfaat, dan Cara Membangunnya

Sebuah perusahaan tidak akan sukses berjalan tanpa adanya tim yang bekerja secara profesional di baliknya. Inilah yang disebut dengan teamwork.

Teamwork artinya adalah upaya yang dilakukan secara kolaboratif untuk mencapai tujuan tertentu. Dengan adanya ini, maka tujuan perusahaan pun dapat lebih mudah tercapai.

Berikut ini adalah penjelasan mengenai teamwork secara jelas, mulai dari pengertian hingga cara membangunnya. Yuk simak sampai selesai!

Apa itu Teamwork?

Teamwork adalah suatu kemampuan untuk dapat berkomunikasi, mendengarkan, dan mengeksekusi pekerjaan secara terkoordinasi dengan kelompok. Teamwork artinya adalah kerja tim. Kerjasama tim adalah artinya mampu bekerja secara tim.

Dalam kerja sama tim, kontribusi setiap anggota tim sangat penting untuk dilakukan. Sebenarnya, sejak masih sekolah banyak orang telah melakukan teamwork.

Contoh paling sederhana kerja kelompok. Ketika melaksanakan kerja kelompok, setiap anggota harus mengerjakan tugasnya dengan baik.

Mengapa Teamwork Penting?

Kerja tim bukan hanya berguna bagi perusahaan, tetapi berguna juga bagi sebuah organisasi. Teamwork dalam organisasi penting untuk dilakukan karena sebuah organisasi juga memiliki tujuan yang akan dicapai. Oleh karena itu, kerja tim penting dilakukan pada setiap sektor.

Berikut ini adalah pentingnya teamwork untuk dilaksanakan.

1. Pekerjaan Menjadi Lebih Efektif dan Produktif

Adanya kerja sama tim akan membuat sebuah pekerjaan terasa lebih ringan karena dikerjakan secara bersamaan.

Kerja sama tim dapat dilakukan dengan membagi beban pekerjaan dan tekanan ke setiap anggota tim. Apabila terjadi kesulitan, pekerjaan dapat didiskusikan dengan rekan kerja lainnya.

Pekerjaan yang dikerjakan oleh beberapa kepala sekaligus akan lebih cepat selesai apabila dibandingkan dengan pekerjaan yang dilakukan sendirian. Dalam kerja sama tim, setiap orang memiliki tanggung jawabnya masing-masing.

2. Ide dan Sudut Pandang Lebih Banyak Didapat

Ketika mengerjakan sebuah tugas secara individu, terkadang muncul burn out atau tidak dapat berpikir secara luas.

Dengan bekerja secara tim, setiap anggota tim dapat bertukar ide dan sudut pandang mengenai tugas yang dikerjakan. 

Ide-ide yang muncul dapat dikembangkan dengan sudut pandang yang berbeda dari setiap tim. Setiap anggota tim dapat berdiskusi sehingga menemukan banyak ide dan sudut pandang. 

Pada sebuah perusahaan, sumber daya manusia atau karyawan dibutuhkan dalam jumlah yang banyak untuk mencapai sebuah tujuan.

Oleh karena itu, karyawan yang banyak tersebut membutuhkan kerja tim agar tercapai tujuan dari perusahaan.

Baca Juga: Manajemen Waktu: Definisi, Manfaat & 7 Tips Efektifnya!

3. Saling Bertukar Ilmu dengan Rekan Kerja Lain

Dengan tim yang memiliki latar belakang, jabatan, dan spesialisasi yang berbeda, dapat memberikan insight dan ilmu baru.

Hal ini merupakan kesempatan yang bagus bagi setiap anggota tim untuk belajar dan bertukar ilmu. 

Setiap anggota tim dapat bertanya mengenai hard skill, bertukar pikiran dan ide, serta membahas cara untuk menyelesaikan masalah. Dengan begini, anggota tim akan mendapatkan banyak ilmu setelah bekerja sama.

4. Saling Mendukung dan Mengandalkan Tim

Ada kalanya setiap tim menemukan pekerjaan yang terasa berat. Adanya tim dapat membantu untuk menyelesaikan masalah yang terjadi. Kerja tim memungkinkan untuk mengambil keputusan dengan dukungan dari tim.

Selain itu, ketika seorang pekerja sedang berhalangan untuk melakukan sesuatu, anggota tim lainnya dapat diandalkan untuk melakukan tugas tersebut.

Manfaat Teamwork

Manfaat kerja tim dapat dirasakan pada setiap bidang kerja. Oleh karena itu, penting untuk sebuah perusahaan menerapkan kerja tim.

Berikut ini adalah manfaat dari kerja tim pada dunia kerja.

1. Menyelesaikan Masalah atau Problem Solving

Apabila terjadi masalah atau konflik dalam perusahaan, setiap anggota tim wajib untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Kemampuan menyelesaikan masalah tiap individu sangat berguna dan dapat berkembang lebih baik lagi.

2. Mendapat Lebih Banyak Ide

Setiap karyawan dapat berkomunikasi baik dengan karyawan lainnya. Mereka dapat meminta pendapat, saran, ide, atau lainnya kepada karyawan yang lebih memiliki banyak ilmu. Dengan begitu, banyak ide dan ilmu untuk mengasah kreativitas tiap karyawan.

3. Dapat Mengandalkan Satu Sama Lain

Setiap individu tercipta sebagai makhluk sosial yang membutuhkan bantuan satu sama lain. Sama seperti bekerja dalam tim yang membutuhkan orang lain. Dengan kerja tim, dapat mengandalkan anggota tim untuk meringankan tugas yang dimiliki.

Baca juga: Briefing: Pengertian, Fungsi, Cara Melakukan dan Isinya

Kelebihan dan Kekurangan Teamwork

Kerja tim memiliki kelebihan dan kekurangannya. Berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan dari kerja tim.

Kelebihan Teamwork

Berikut ini adalah kelebihan dari kerja tim.

  1. Peningkatan efisiensi dapat berupa pembagian tugas dan tanggung jawab kepada antaranggota tim.
  2. Peningkatan pembelajaran untuk saling belajar dari pengalaman dan pengetahuan masing-masing anggota.
  3. Menambah motivasi dan semangat kerja karena memiliki tim yang saling mendukung dan memberikan dampak positif.
  4. Risiko kesalahan berkurang karena tanggung jawab dibagi menjadi antaranggota tim.

Kekurangan Teamwork

Berikut ini adalah kekurangan dari kerja tim.

  1. Koordinasi sulit karena harus mengorganisir beberapa orang dengan latar belakang yang berbeda sehingga menimbulkan kesulitan.
  2. Muncul konflik dan ketegangan dapat terjadi kapan saja karena setiap anggota tim dapat memperlambat kemajuan proyek. 
  3. Pemecahan masalah yang lambat karena menunggu persetujuan dari berbagai anggota.
  4. Kesulitan untuk mengelola anggota yang tidak efektif karena anggota tim yang tidak aktif dapat memengaruhi performa tim.

Skill Teamwork

Teamwork skill adalah kemampuan yang harus dikuasai seseorang agar berhasil dalam mengerjakan sebuah tugas tim. Berikut ini adalah skill kerja tim yang harus dikuasai.

  • Komunikasi dapat meningkatkan efisiensi pada kerja tim serta juga meningkatkan kualitas kerja. Komunikasi yang baik dapat dapat meminimalisir terjadinya miskomunikasi atau salah paham.
  • Tanggung Jawab adalah cara untuk meningkatkan kerja tim tiap individu sehingga hal tersebut dapat membuktikan diri menjadi yang terbaik.
  • Kejujuran berarti setiap anggota tim harus bersikap saling jujur satu sama lain. Apapun harus transparan dan terbuka agar tidak terjadi hal yang menyulitkan kerja tim. 
  • Manajemen waktu adalah skill yang harus dimiliki oleh setiap orang karena hal ini penting untuk mengatur waktu secara efisien mengenai tugas dan tanggung jawab sesuai deadline.
  • Problem solving adalah sebuah kemampuan untuk mengidentifikasi penyebab terjadinya masalah serta menemukan solusi untuk masalah tersebut.
  • Empati adalah kemampuan untuk dapat memahami perasaan orang lain atau memahami sudut pandang orang lain. Saling memahami anggota tim sangat penting untuk menjaga keharmonisan.
  • Kolaborasi ide adalah skill yang sangat penting dalam kerja tim karena setiap orang pasti memiliki ide yang berbeda-beda. Dengan ide yang berbeda tersebut dapat dikolaborasikan sehingga menghasilkan ide yang cemerlang.

Cara Membangun Kerjasama Tim yang Baik

Setiap individu dengan kerja tim yang baik akan membuat anggota tim lainnya bekerja secara efektif. Berikut ini cara membangun teamwork yang baik. 

  • Membuat visi dan tujuan yang sama.
  • Memilih anggota tim yang sesuai.
  • Pastikan komunikasi tim berjalan dengan baik, yaitu secara terbuka dan jujur.
  • Membangun peran dan tanggung jawab dengan jelas.
  • Mengembangkan keterampilan komunikasi dan empati.
  • Mengatasi konflik dengan bijak.
  • Mengevaluasi dan memperbaiki kinerja tim secara berkala.

Dengan menerapkan tips-tips membangun kerja sama tim yang baik tersebut, dapat membawa manfaat yang baik bagi individu dan perusahaan.

Baca Juga: Pengertian dan Proses Manajemen Perusahaan

Itulah dia penjelasan lengkap tentang teamwork. Pekerjaan individu akan menjadi lebih mudah apabila tim mengerjakan secara bersama-sama. Oleh karena itu, teamwork sangat penting untuk membangun sebuah perusahaan.

Apabila perusahaan Anda membutuhkan sebuah pengelolaan surat yang dapat mempersingkat waktu Anda dalam mengurus surat menyurat, SIPAS adalah solusinya.

SIPAS menyediakan aplikasi persuratan yang yang dilengkapi dengan fitur penomoran surat otomatis dan telah terintegrasi dengan sistem server Anda.

Artikel Terkait

Langganan Artikel Kami

Berlangganan dan dapatkan pemberitahuan setiap kami meluncurkan artikel terbaru.

Frame 3 (2)