SOTK: Pengertian, Fungsi, dan Hubungannya dengan Disposisi

SOTK berperan penting dalam sebuah organisasi atau lembaga mengingat organisasi atau perusahaan terdiri dari banyak anggota dengan tugas yang bermacam-macam sesuai dengan posisi dan tanggung jawab masing-masing anggota. SOTK yang merupakan singkatan dari Struktur Organisasi dan Tata Kelola berperan dalam mengatur jalannya organisasi atau kelembagaan sehingga alurnya jelas.

Simak penjelasan lengkap mengenai SOTK pada artikel di bawah ini!

Pengertian SOTK

Struktur organisasi adalah suatu tatanan yang digunakan dalam perusahaan atau organisasi untuk mengorganisir tugas serta tanggung jawab antar anggota. Struktur organisasi dibuat berdasarkan tugas dan tanggung jawab yang diemban oleh anggota, dengan anggota yang memiliki pengalaman lebih biasanya berada pada posisi teratas setiap struktur divisi yang bertugas memonitor anggota yang di bawahnya.

Sedangkan tata kerja merupakan tata cara untuk menyelesaikan pekerjaan dengan efisien pun hasilnya maksimal sesuai dengan rencana yang telah dirancang. Pembuatan tata kerja memerhatikan faktor, tujuan, sarana dan prasarana, waktu dan faktor lainnya.

Berdasarkan Peraturan Menteri dalam Negeri Nomor 84 Tahun 2015, Struktur Organisasi dan Tata Kelola atau yang sering disingkat dengan sebutan SOTK adalah sistem untuk menetapkan tugas dan tanggung jawab, juga hubungan kerja dalam suatu organisasi atau lembaga.

Baca Juga: Cara Membuat Abstrak Otomatis, Skripsi, Paper, Karya Ilmiah

Fungsi SOTK

Struktur Organisasi dan Tata Kelola sangat berperan penting dalam kelembagaan baik pemerintahan maupun non-pemerintahan. Adanya Struktur organisasi tata kerja mempermudah perusahaan dalam mengkoordinasi tugas dan tanggung jawab antar anggota. Berikut beberapa fungsi SOTK:

  1. Mendefinisikan tugas anggota dalam suatu organisasi atau lembaga berdasarkan posisi dan tanggung jawabnya juga tata cara pelaksanaanya.
  2. Memperjelas jalur koordinasi alur disposisi surat dalam suatu organisasi ataupun perusahaan
  3. Sebagai pedoman kerja bagi seluruh anggota
  4. Mempermudah pembagian dan penjelasan dalam menyelesaikan tugas tiap anggota sehingga flow penyelesaian tugas dalam suatu organisasi atau perusahaan lebih terarah dan terkendali

SOTK Pemerintahan Desa

Melansir dari situs urungdoradesa, Susunan Organisasi dan Tata Kerja Pemerintahan Desa menuntut peraturan dari Bupati/Walikota mengenai penetapan Struktur Organisasi dan Tata Kelola Desa paling lambat satu tahun semenjak Peraturan Menteri Dalam Negeri No 84 tahun 2016 tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja Pemerintahan Desa, tanggal 5 Januari 2016.

SOTK desa merupakan suatu sistem dalam organisasi desa yang mengatur tugas, fungsi, dan hubungan kerja perangkat desa. Menurut Peraturan Menteri Dalam Negeri 84 tahun 2015 tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja Pemerintahan Desa, Kepala desa bertanggung jawab dalam memimpin penyelenggaraan pemerintahan desa, melakukan pembinaan kepada masyarakat, melakukan upaya pemberdayaan masyarakat desa, dan melakukan pembangunan. Dimana dalam menjalankan tugasnya, seorang Kepala desa dibantu oleh perangkat desa lainnya, seperti sekretaris desa, pelaksana teknis, dan unsur kewilayahan.

Cara Menentukan SOTK Pemerintah Desa

Melansir dari situs pumbintekpalira, berikut beberapa mekanisme alternatif yang bisa digunakan untuk menentukan Susunan Organisasi dan Tata Kerja Pemerintahan Desa sesuai dengan Permendagri Nomor 84 tahun 2015 :

1. Jumlah Anggota Perangkat Desa Lebih dari 6 Orang

  • Membuat Peraturan Desa tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja Pemerintahan Desa.
  • Membuat Peraturan Kepala Desa tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja Pemerintahan Desa.
  • Membuat Surat Keputusan Kepala Desa mengenai penyesuaian jabatan untuk masing-masing perangkat desa dengan memperhatikan kompetensinya.
  • Perangkat desa yang memiliki kompetensi akuntansi, alangkah baiknya posisikan sebagai bendahara desa atau staf yang mengatasi keuangan.

2. Jumlah Anggota Perangkat Desa 6 Orang

  • Membuat Peraturan Desa tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja Pemerintahan Desa.
  • Membuat Peraturan Kepala Desa tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja Pemerintahan Desa.
  • Membuat Surat Keputusan Kepala Desa mengenai penyesuaian jabatan untuk masing-masing perangkat desa dengan memperhatikan kompetensinya.

3. Jumlah Anggota Perangkat Desa Kurang dari 6 Orang

  • Membuat Peraturan Desa tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja Pemerintahan Desa.
  • Membuat Peraturan Kepala Desa tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja Pemerintahan Desa.
  • Membuat Surat Keputusan Kepala Desa mengenai penyesuaian jabatan untuk masing-masing perangkat desa dengan memperhatikan kompetensinya.
  • Mengisi kekosongan perangkat desa

Kemudian, berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 84 tahun 2015, pasal 11 dipaparkan sebagai berikut :

  • Susunan organisasi Pemerintahan Desa disesuaikan dengan Desa Swasembada, Swakarya, dan Swadaya
  • Desa Swasembada wajib hukumnya memiliki tiga bagian urusan dan tiga seksi
  • Desa Swakarya bisa memiliki tiga bagian urusan dan tiga seksi
  • Desa Swadaya memiliki dua bagian urusan dan 2 seksi

Hubungan SOTK dengan Disposisi

ilustrasi SOTK
Ilustrasi Hubungan antara SOTK dan surat menyurat

Setiap organisasi, instansi, maupun lembaga memerlukan Susunan Organisasi dan Tata Kerja yang baik untuk mempercepat proses administrasi termasuk efisiensi alur disposisi dan surat menyurat. Dengan SOTK yang baik maka alur persuratan pada suatu organisasi menjadi jelas dan terorganisir dengan baik. 

Ketika alur persuratan baik maka akan berdampak pada kinerja perusahaan dalam memberikan pelayanan yang efektif juga efisien. 

Dengan ini dapat disimpulkan bahwa SOTK juga mempengaruhi kinerja suatu organisasi ataupun perusahaan. Susunan Organisasi dan Tata Kerja yang baik, akan berdampak pada kelancaran, efisiensi, dan keefektifitasan proses administrasi perusahaan.

Baca Juga: Pengertian dan Format Surat Perjalanan Dinas

Contoh SOTK

Berikut ini beberapa contoh Susunan Organisasi dan Tata Kerja:

Susunan Organisasi dan Tata Kerja Pemerintahan Desa

Bagan SOTK
Bagan Susunan Organisasi dan Tata Kerja

Itulah beberapa informasi penting mengenai Susunan Organisasi dan Tata Kerja. SIPAS menyediakan layanan pembuatan aplikasi persuratan yang dilengkapi dengan fitur penomoran surat otomatis dan telah terintegrasi dengan sistem server anda.

Artikel Terkait

Langganan Artikel Kami

Berlangganan dan dapatkan pemberitahuan setiap kami meluncurkan artikel terbaru.

Frame 3 (2)